Kamis, 22 Oktober 2015

jenis-jenis spike bola volly


JENIS-JENIS SPIKE 
          Secara umum spike dibagi menjadi dua macam, yaitu menurut jenis umpan dan menurut keras lemahnya pukulan.
Menurut jenis umpan, spike dibedakan menjadi:


 1.Open Spike
Open spike atau sering juga disebut bola ketiga (3rd ball) adalah bola yang diumpan dan dipukul di daerah tepi net. Pada saat hendak memukul bola open, pemukul sedikit menunggu untuk memperkirakan timing yang tepat untuk melakukan pendekatan dan mencari posisi yang tepat untuk melakukan pukulan.

2.Semi Spike
Semi spike seringkali dinamakan bola kedua (2nd ball), yaitu spike yang dilakukan terhadap bola umpan sedang di seluruh bagian lapangan. Pada saat hendak memukul bola semi, pemukul memulai awalan ketika bola dari penerima servis mengenai tangan pengumpan sambil mengamati arah bola.


3.Quick Spike
Quick spike disebut juga umpan bola pertama (1st ball), yaitu spike yang dilakukan terhadap umpan bola pendek di seluruh bagian lapangan. Berbeda denan jenis spike lain yang menunggu bola diumpankan oleh setter, pemukul bola cepat melompat seiring bola di umpan atau meloncat dahulu ketika bola samapi kepada tangan pengumpan, tergantung jenis bola cepat yang diperagakan. Selain timing terhadap pengumpan, timing terhadap lintasan bola dari penerima servis juga sangat menentukan keberhasilan teknik ini. 


4.Back Attack
Serangan dari belakang dapat berupa bola kedua atau bola ketiga, sehingga pelaksanaan tekniknya juga sama dengan kedua jenis spike tersebut. Pada permainan bolavoli modern, back attack seringkali dilakukan dari posisi 6 maupun posisi 1. 
Menurut keras lemahnya pukulan:
   1.Hard driven spike
Hard driven spike adalah spike keras atau disebut juga spike normal, dilakukan dengan seluruh pergerakan dalam teknik spike. Keberhasilan hard driven spike tergantung pada kejelian pemain dalam melihat celah blokade lawan.
    2.Off speed spike (placing)
Off speed spike atau sering disebut roll shot, yaitu menempatkan bola dengan pelan pada daerah lawan yang kosong. Keberhasilan spike jenis ini tergantung pada kejelian pemain dalam memantau pergerakan pemain belakan lawan. Pelaksanaan spike jenis ini seperti pelaksanaan jenis spike normal, melompat dengan kekuatan penuh, mengayunkan lengan secepatnya ke arah bola, tetapi ketika hampir menyentuh bola, gerakan lengan diperlambat dan bola dilecut dengan pelan. Spike jenis ini mempunyai keuntungan dalam melewati blokade lawan, akan tetapi apabila pemain barisan belakang lawan rapat dan banyak mempunyai pengalaman, spike jenis ini bukan merupakan senjata yang mematikan.
    3.Tip (feint)
Tip merupakan suatu jenis serangan lawan dengan menempatkan bola di belakang bloker lawan, atau di daerah lain yang jauh dari jangkauan lawan. Perbedaan dengan off speed spike terletak pada saat perkenaan dengan bola. Pada pelaksanaan tip, lengan tidak diayunkan seperti dalam gerakan spike, tetapi mendorong bola menggunakan satu tangan seperti dalam passing atas. Meskipun terlihat kurang mematikan, akan tetapi jenis serangan semacam ini seringkali mempunyai efektivitas tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar